Rabu, 18 Mei 2011

Daftar Riwayat Hidup - Resume

Sebelum anda membuat sebuah resume maka anda perlu untuk  mempersiapkan informasi mengenai diri anda.  Ada dua jenis informasi yang perlu anda persiapkan untuk membuat sebuah resum yang baik.

Yang pertama, SELF INFORMATION.

Anda perlu melengkapi data mengenai diri anda, latar belakang anda dan pengalaman anda. Jika Anda bekerja sebelumnya maka sebaiknya anda membuat rincian dari daftar pekerjaan Anda. Selanjutnya, tuliskan apa yang menjadi tugas anda saat anda bekerja saat itu. Kemudian pikirkan mengenai keahlian atau bakat yang dibutuhkan untuk melakukan tugas pekerjaan tersebut.  Anda  juga perlu menuliskan hobi Anda,  olahraga favorit Anda, music kesenangan anda, dan tulis apa yang menjadi keahlian anda dalam olahraga, music atau aktivitas lainnya. Jangan membatasi diri Anda sendiri karena saat anda menulis resume maka anda sedang menjual diri anda dan anda harus menulis resume yang baik untuk membuat siapapun yang membaca resume anda menjadi tertarik akan kemampuan anda dan akhirnya memanggil anda untuk melakukan wawancara.

Yang kedua, JOB INFORMATION

Anda perlu mengumpulkan informasi spesifik mengenai pekerjaan yang Anda lamar. Selanjutnya anda mencocokkan kemampuan dan keterampilan yang anda miliki dengan pekerjaan itu. Dapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan dari pengumuman pekerjaan. Jika pengumuman pekerjaan atau iklan tidak mencantumkan secara rinci tugas dan tanggung jawab anda nanti maka anda dapat meminta penjelasan tentang tugas pekerjaan tersebut  jika anda mendapatkan panggilan untuk wawancara. Pendidikan dan pengalaman memegang peranan penting untuk menentukan apakah posisi pekerjaan yang ditawarkan dalam iklan tersebut sesuai dengan yang anda miliki atau tidak. Di dalam resume maka anda juga dapat membuat penawaran dengan mengajukan permintaan gaji mininum yang anda inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar