Senin, 30 Mei 2011

Resume - Daftar Riwayat Hidup.

Mungkin penting untuk anda terutama yang belum mendapatkan pekerjaan untuk membuat sebuah resume atau daftar riwayat hidup. Jika anda ingin menulis sebuah resume bagus maka sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa definisi dari resume. Resume adalah dokumen diri atau promosi diri yang menyajikan tentang anda yang  terbaik, untuk tujuan mendapatkan perhatian dari pihak HRD dan pada akhirnya anda diundang untuk wawancara kerja. Perlu anda ketahui bahwa resume bukan sebuah dokumen resmi atau aplikasi pekerjaan tetapi resume adalah sebuah pengakuan diri. Anda dapat menulis resume tentang diri anda, data pribadi anda, data akademik, prestasi akademik, data mengenai pengalaman bekerja yang telah anda miliki (jika ada), data mengenai training yang pernah anda ikuti, dan lain-lain. Sebuah resume yang baik dapat memprediksi bagaimana Anda mampu mengerjakan sebuah pekerjaan yang diinginkan.

Selanjutnya penting sekali untuk mencantumkan berbagai prestasi yang telah anda raih selama ini mulai dari prestasi akademik, non akademik dan prestasi selama anda bekerja di kantor anda sebelumnya.  Selain itu menulis sebuah resume atau daftar riwayat hidup juga perlu diperhatikan mengenai format kertas, bentuk huruf dan format tulisan sehingga resume yang anda buat terlihat memiliki tampilan yang mudah dan enak dibaca. Jangan menulis resume dengan format yang rumit dan dengan kalimat yang panjang karena pihak HRD tidak mempunyai banyak waktu untuk membaca tulisan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar